SEJARAH DAN PROFIL NOKIA

Posted by SERBA TECNO on Selasa, 08 September 2015

Mungkin pertama yang akan saya bahas mengenai beberpa profil perusahaan, dan sekarang yang pertama Sejarah dan profil Nokia, tentunya sudah banyak yang tau tentang perusahaan nokia namun kita ngga tau sejarah dari perusahaan nokia.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara tuntas mengenai profil nokia, salah satu perusahaan yang bergerak di dunia perangkat komunikasi ini yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia dan bagaimana sih perusahaan Nokia ini bisa menjadi sebesar ini? tentu penuh perjuangan dan kerja keras untuk bisa berkembang sampai saat ini.

Kita semua pasti mengira bahwa perusahaan nokia ialah perusahaan yang dibangun untuk tujuan pabrikan atau industri seluler saja. Ayo Kita selidiki lebih lanjut, Arti kata "NOKIA"yang berasal dari nama sebuah komunitas yang bertempat di suatu sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan waduh jauh banget ya. Sejarah Nokia ditemukan oleh Fredrik Idestam untuk perusahaan mesin penggilingan bubur kayu pada tahun 1865. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa. Tahun 1950-an chief executive officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan, masa depan pertumbuhan beberapa sektor ini (bubur kayu dan kertas) akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki na di tahun ini sudah mulai mengarah ke seluler, sungguh perjalanan perusahaan nokia ini sangat panjang sekali ya sahabar Serba tecno.

Pada kurun waktu 15 tahun perusahaan Nokia elektronik mengalami masa percobaan dengan berbagai bentuk kesalahan. namun dari beberapa kesalahan uji coba perusahaan ini lambat laun mulai teratasi, dengan cara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan para ahli yang sangat berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler). Dan tahun 1980-an seluruh Salora terintegrasi menjadi nama Nokia. Pada saat yang sama Nokia memperoleh operasi jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Namun itu tidak semua usaha yang dilakukan Nokia menjadi produsen telepon seluler terkemuka hingga sekarang di dunia berjalan sukses sungguh hebat ya sobat Serba Tecno perusahaan nokia ini. Tahun 1980-an perusahaan ini membeli pabrik televisi Jerman, SEL, tetapi terpaksa meninggalkannya karena tidak berjalan mulus, ya begitulah perjalan bisnis terkadang ada saja rintangannya.

Kemudian Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk yang bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan perusahaan jaringan selular multinasional pertama yang ada di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasadari semua negara.

Pada awal 1990-an Nokia sempat mengalami krisis ekonomi, tetapi CEO yang baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan teleponnya saja. Hasilnya, telepon GSM yang pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang  super pesat pada pertengahan 1990-an dan Nokia menjadi nomor satu dan paling terbaik.

Kini perusahaan nokia, sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang banyak pisan ya yang kerjanya, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah NOKIA, karena itulah moto NOKIA.

Anda tau bahwa dulu negara Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya (kayu), tapi sekarang apa kata Orang Ddepartemen Luar Negeri negara itu (Jyrki Vesikansa) : “Dulu kami hidup dari hutan, tetapi saat ini kami dapat menambahkan pada Nokia,”. Apakah indonesia bisa memiliki perusahaan seperti nokia? ya mungkin di masa depan ada anak negri yang bisa membuat ponsel itupun kalo tidak di ambil negara asing hehe :)

demikian beberapa ulasan mengenai profil perusahaan Nokia , dan semoga saja sahabat Serba Tecno bisa mengambil hal positive dari perusahaan ternama di dunia ini, terima kasih sampai jumpa lagi di artikel berikutnya ya.

Blog, Updated at: 18.23

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan bertanya tapi ingat jangan nyepam karena apabila anda melakukan spam komentar tidak akan kami uprove, berkomentar harap sesuai dengan pembahasan dengan isi konten kami, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

alexa

Diberdayakan oleh Blogger.